kubah masjid termegah

Kubah Masjid Termegah – Kubah, salah satu jenis atap bangunan yang terkuat sepanjang masa. Kubah bahkan sudah digunakan sekitar tahun 126 SM oleh Bangsa Romawi.

Selain memperkokoh bangunan, penggunaan kubah sendiri bertujuan untuk mempermegah tampilan bangunan. 

Bahkan, dari awal penggunaan kubah, sudah dikhususkan pada bangunan suci untuk membedakan bangunan tersebut dengan bangunan lainnya.

Dengan keindahan kubah masjid, banyak masjid yang menjadi pusat perhatian di dunia dan dijadikan sebagai destinasi wisata reliji.

Berikut adalah seputar kubah masjid termegah di dunia serta paling populer dijadikan sebagai wisata reliji.

Table of Contents

Masjid Dengan Kubah Masjid Termegah di Dunia

Kubah Hijau Masjid Nabawi

masjid, masjid nabawi, medina

Masjid Nabawi, masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya ini merupakan salah satu destinasi wisata reliji yang paling populer di dunia.

Masjid yang berlokasi di Madinah ini merupakan masjid ketiga pertama yang dibangun dalam catatan sejarah Islam.

Masjid Nabawi sendiri merupakan lokasi utama bagi para jamaah haji dan umrah untuk dikunjungi. Selain menunaikan ibadah, Anda dapat juga berziarah ke makam Nabi SAW dan menelusuri jejak kehidupannya di Madinah. 

Kubah Hijau Masjid Nabawi merupakan salah satu kubah terindah dengan berbagai kisah sejarah dibaliknya.

Awalnya, kubah ini tidak diwarnai dan terbuat dari kayu sebagai bahan material utamanya.

Pada tahun 1817 M, Sultan Abdul Hamid Al-Utsmani membangun dan mewarnai kubah tersebut menjadi warna hijau (sebelumnya sempat dihancurkan oleh Kaum Wahhabi). Sampai saat ini, kubah tersebut di cat berwarna hijau.

Masjid Sultan Ahmed (Blue Mosque)

blue mosque, istanbul, people

Masjid Sultan Ahmed atau nama lainnya Blue Mosque, dibangun oleh Sultan Ahmet I pada awal tahun 1600-an di Istanbul Turki.

Masjid ini memiliki enam menara dengan atapnya menggunakan salah satu kubah terbesar yang digunakan pada bangunan di dunia.

Masjid ini dikenal sebagai Blue Mosque (masjid biru) dikarenakan bagian interior masjid dulunya berwarna biru. 

Sampai saat ini, masjid ini merupakan salah satu tempat kunjungan wisata reliji terpopuler di dunia.

Dome Of Rock

Sejarah Kubah Masjid Pertama

Dome of Rock, merupakan salah satu masjid pertama di dunia yang menggunakan kubah pada atap bangunannya.

Atap kubah yang berwarna emas ini awalnya memang terbuat dari emas. Kini, atap tersebut digantikan dengan alumunium dengan menggunakan warna emas.

Masjid yang dibangun di atas tanah Jerusalem ini, kini sudah menjadi perebutan antara Palestina dan Israel. Namun, tetap menjadi salah satu destinasi reliji terpopuler di dunia.

Grand Mosque atau Masjid Syeikh Zayed

kubah masjid termegah

Grand Mosque, masjid yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini, memiliki gaya arsitektur yang sangat megah. Keunikan kubahnya sendiri membuat masjid ini merupakan salah satu masjid dengan kubah termegah di dunia.

Masjid yang dibangun oleh Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan terinspirasi dari arsitektural Mughal, yaitu masjid dengan kubah bulat raksasa. 

Semua kubah yang berjumlah 82 secara total, dibangun dengan gaya Mughal dan dihias dengan batu pualam putih.

Kubah utamanya memiliki tinggi 55 meter dan diameternya 32.8 meter. Masjid ini merupakan salah satu destinasi reliji terbanyak yang dikunjungi dengan kubahnya yang megah.

Baca Juga Motif Kubah Masjid yang digunakan di Masjid Indonesia

Masjid Taj Mahal di India

taj mahal, india, delhi

Taj Mahal merupakan salah satu masjid dengan kubah terbesar di dunia. Bahkan, kubah yang menggunakan gaya arsitektur Mughal ini beratnya mencapai 12.000 ton.

Masjid yang dibangun pada awal abad ke-17 ini termasuk salah satu dari 7 keajaiban yang ada di dunia dan menempati posisi pertama.

Masjid yang dibangun oleh Shah Jahan pada tahun 1631 ini merupakan bentuk untuk mengenang istrinya yang dikala itu meninggal.

Kini, masjid ini merupakan salah satu tempat terpopuler untuk destinasi wisata reliji sedunia dengan kemegahan masjidnya.

Masjid Iman Ali di Iraq

kubah masjid termegah

Masjid Imam Ali merupakan salah satu masjid terbesar sekaligus termegah yang ada di dunia. Disebutkan di dalam masjid ini, terdapat makam Ali bin Abi Thalib, sepupu Muhammad sekaligus Khalifah ke-4.

Kubah masjid ini terbuat dari tembaga yang dilapisi dengan emas murni. Saking besar dan banyaknya, sampai saat ini, belum diketahui pasti berapa jumlah emas yang dipasang pada kubahnya.

Setiap harinya, masjid ini dikunjungi banyak sekali turis dari seluruh penjuru dunia untuk beribadah sekaligus sebagai destinasi wisata reliji di dalamnya.

Masjid Istiqlal di Indonesia

masjid istiqlal

Masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dengan kapasitas masjid mencapai 200.000 Jamaah.

Tahukah Anda bahwa diameter kubah masjid istiqlal mencapai 45 meter?

Yap, kubah yang seberat 86 ton ini merupakan salah satu upaya mengenang perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu 1945.

Kubah Masjid Istiqlal sendiri berbentuk setengah lingkaran dan terbuat dari baja anti karat. 

Sampai saat ini, Masjid Istiqlal masih dikunjungi oleh berbagai turis dari seluruh penjuru dunia untuk menikmati ibadah di dalamnya.

Masjid Hagia Sophia

kubah masjid termegah

Masjid Hagia Sophia, Masjid yang dulunya gereja ini merupakan salah satu masjid populer yang dikunjungi dari kalangan dunia.

Pada zaman Kekuasaan Romawi Empire, bangunan ini merupakan gereja terbesar yang dimilikinya.

Setelah kemenangan Islam oleh Sultan Mehmed II, bangunan ini pun dijadikan masjid untuk umat Islam beribadah.

Bagian dalamnya sebenarnya penuh dengan lukisan Bunda Maria dan hal-hal yang merupakan budaya Kristen. Namun, semuanya ditutup dengan kaligrafi Islam.

Pada tahun 1935, Masjid ini pun dibongkar untuk penghormatan pada umat kristiani dengan membuka kembali lukisan dan fitur yang ada didalamnya. 

Masjid ini sempat dijadikan museum sampai tahun 2020. Di masa kepemimpinan Erdogan, bangunan ini kembali digunakan untuk shalat bagi umat muslim sampai saat ini. 

Masjid Ibnu Tulun

kubah masjid termegah

Masjid Ibnu Tulun, Masjid yang dibangun pada awal abad ke-9 oleh Raja Mesir ini merupakan salah satu bukti kejayaan Islam di Mesir.

Masjid ini secara keseluruhan, menggunakan batu bata merah sebagai bahan material utamanya.

Sampai saat ini, masjid ini menjadi tempat wisata populer dengan kubahnya yang unik.

Masjid Kubah Mas Depok

kubah mas depok

Masjid Kubah Mas Depok, merupakan salah satu masjid di Indonesia yang menggunakan kubah yang terbuat dari emas murni sebagai atapnya.

Masjid yang dibangun dari tahun 1996-2001 ini, mempunyai 9 buah kubah, dimana semua kubahnya dilapisi emas.

Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata reliji terpopuler di Indonesia dengan kubahnya yang terbuat dari emas.

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?