buildings, mosque, sunset
Inilah Seputar Masjid Agung Yang Wajib Dikunjungi Anda Kalo Lagi Mampir Di Kota Besar Lain

Masjid Agung Di Indonesia – Masjid merupakan sebuah tempat ibadah yang digunakan umat muslim. 

Bukan hanya shalat, Masjid juga digunakan untuk kegiatan aktivitas Islam lainnya seperti mengaji, belajar Ilmu agama, serta mengadakan rapat didalamnya.

Disisi Lain, 

Masjid juga dapat dijadikan tempat wisata religi dikarenakan arsitektur pada bangunan  yang menarik, serta kenyamanannya dalam beribadah.

Bahkan, sudah ada masjid di Indonesia yang sudah mendunia dilihat dari sisi kemegahan masjid, keindahan dari kubah masjid, serta keunikan arsitekturnya.

Berikut adalah seputar penjelasan Masjid Agung di Indonesia, mulai dari sejarah hingga kemegahan bangunannya.

Table of Contents

Masjid Agung Demak (Jawa Tengah)

masjid agung demak

Sumber:  u/karlukoyre

Masjid Agung Demak Merupakan salah satu masjid yang tertua di Indonesia, dibangun pada abad ke-15 oleh Raden Patah. Konon, masjid ini digunakan untuk berkumpulnya para Walisongo. 

Kok Masjidnya Beda Ya?

Yap, 

Desain pada bangunan ini menggunakan teknik arsitektur Jawa Kuno, dimana Raden Fatah merupakan sesosok Adipati Demak yang sangat akrab dengan gaya arsiktetur kerajaan Majapahit.

Selain bangunan induk, terdapat juga bangunan serambi, serta terdapat makam di daerah tersebut. 

Menariknya, 

Masjid ini memiliki empat tiang utama sebagai sistem strukturnya atau yang disebut Saka Guru. Setiap tiangnya pun memiliki makna masing-masing dibalik sejarah pembuatannya.

Selain itu, atapnya terbentuk dari limas yang ditopang dengan delapan tiang atau disebut Saka Majapahit

Ketiga atap ini menggambarkan makna Iman, Islam, dan Ikhsan. 

Didalam komplek Masjid ini, terdapat 60 pusara makam pejuang muslim Demak, yaitu makam Raden Patah, Sultan Trenggono, dan Pati Unus. 

Masjid Agung Demak pun dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco pada tahun 1995. 

Oleh karena itu, 

Kunjungilah Masjid ini ketika Anda sedang bersinggah ke daerah Demak.

 

Masjid Raya Baiturrahman (Banda Aceh)

masjid agung Aceh

Sumber:  u/Ayr909

Masjid Raya Baiturrahman merupakan sebuah masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh. 

Masjid Raya Baiturrahman adalah bukti peristiwa penting yang ada dikarenakan masjid ini selamat dari peristiwa Tsunami Aceh pada tahun 2004.

Didalam catatan sejarah, Masjid ini dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda, bahkan ada juga yang mengatakan bahwa masjid ini sudah dibangun pada tahun 1292.

Dimasa Kolonial Penjajahan Belanda pada tahun 1873,  masjid Raya ini merupakan benteng pertahanan utama dalam upaya penyerangan balik terhadap pasukan royal Belanda dari dalam masjid. 

Akan tetapi, masjid ini sempat terbakar yang memicu kemarahan umat muslim Aceh pada saat itu.

Sehingga, pada oktober tahun 1879, Belanda membangun kembali masjid Baiturrahman sebagai pemberian dan ucapan permintaan maaf. 

Walaupun sempat mengalami penolakan, akhirnya masyarakat pun menerima untuk beribadah di dalam masjid tersebut.

Di kala itu,

Desain arsitektur yang dilakukan oleh arsitek Belanda adalah gaya arsitektur Mughal, seperti bangunan Taj Mahal di India dengan bahan-bahan dari pemerintahan Belanda.

Jumlah wisatawan pun meningkat dari tahun ke tahun, pastikan Anda mengujungi tempat ini ketika berada di Aceh.  

Bukan hanya  sekedar mempelajari sejarahnya, Anda pun dapat menikmati keindahan masjid serta mengambil foto untuk mengabadikannya.

Masjid Istiqlal (Jakarta)

masjid istiqlal

Tentu bagi kita warga Jabodetabek pernah singgah atau bahkan hingga menginap di masjid ini. 

Tahukah Anda Masjid Istiqlal merupakan Masjid Terbesar di Seluruh Asia Tenggara? 

(Baca Lebih Lanjut)

Yap, Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar dan mampu menampung hingga lebih dari 200.000 Jamaah. 

Masjid Istiqlal di prakarsai oleh Ir.Soekarno dan di desain oleh arsitektur seorang Nasrani,  Frederich Silaban.

Sukarno menegaskan bahwa masjid nasional harus terletak di daerah sekitar Istana Merdeka, alun-alun terpenting bangsa sesuai dengan tradisi Jawa bahwa Kraton (istana raja) dan masjid harus berdekatan. 

Selain itu, masjid ini harus dibangun di dekat Katedral Jakarta untuk melambangkan toleransi dalam beragama.

Desain arsitektur masjid ini pun mengikuti gaya arsitektur modern Internasional yang menerapkan bentuk geometri Sederhana.

Akan tetapi, dari hasil wawancara Frederich sendiri, ia mengakui bahwa arsitektur Istiqlal itu asli, bukan hasil tiruan dari manapun.

Di bulan Ramadan, Masjid Istiqlal merupakan salah satu rekomendasi saya yang wajib Anda kunjungi untuk melakukan I’tikaf (menu sahur dan buka puasanya juga enak).

Hati-hati dengan barang bawaan Anda Selama  melakukan I’tikaf.

Masjid Agung Banten

masjid agung banten

Sumber:  Java Travel

Masjid Agung Banten merupakan salah satu masjid tertua yang didirikan pertama kali pada tahun 1556. Salah satu ciri khas dari masjid ini, yaitu atap bangunan utama yang bertumpuk lima, mirip dengan Pagoda Tiongkok. Konon, Pada tahun 1620, masjid ini direnovasi oleh seorang mualaf arsitektur Belanda. Pintu masuk Masjid di depan berjumlah enam yang melambangkan Rukun Iman. Keenam pintu ini dibuat pendek agar setiap jamaah menunduk untuk merendahkan diri dihadapan Allah SWT. Jangan lupa ya untuk mampir ke masjid ini. Selain beribadah, teman-teman juga bisa mempelajari banyak hal didalamnya.

Masjid Agung Jawa Tengah (Semarang)

masjid agung jawa tengah

Sumber:  MsoIndonesian1

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) terletak di daerah semarang yang didirikan sejak 2001 dan diresmikan berdirinya pada tahun 2006.

Masjid ini didesain dengan gaya arsitektur antara Jawa, Islam dan Romawi oleh  Ahmad Fanani memenangkan sayembara desain MAJT tahun 2001.

Faktanya, masjid ini dapat menampung hingga 16 ribu jamaah, yuk jangan lupa mampir kesini ya.

Terutama bagi teman-teman yang ingin melakukan wisata ke Semarang.

Masjid Raya Bandung

Sumber:  Tempat Wisata

Masjid Raya Bandung atau yang dulu disebut Masjid Agung Bandung memiliki status sebagai masjid Jawa Barat. 

Awalnya,

Masjid ini didirikan pada tahun 1812, bersamaan dipindahkannya pusat kota Bandung dari Krapyak. 

Bermula dengan bentuk bangunan sederhana dengan dinding dari anyaman bambu, dulu masjid ini dilengkapi air kolam untuk berwudhu.

Setelah peristiwa kebakaran pada tahun 1825, masjid ini pun dirombak dengan bahan yang lebih memadai. 

Hingga saat ini, masjid Raya Bandung telah mengalami hingga 8 kali perombakan.

Tentu kalau Anda sedang berwisata ke Kota Bandung, pastinya untuk tidak lupa beribadah di masjid ini. 

Tak hanya memiliki gedung yang megah, masjid ini pun memiliki lokasi yang strategis bagi Anda yang tengah bermain di Kota Bandung. 

Terutama bagi Anda yang sedang main di jalan Asia-Afrika, jangan lupa mampir ke masjid ini ya dan mengabadikan foto disana.

Masjid Al-Akbar (Surabaya)

Masjid-Al-Akbar-Surabaya

Sumber:  Surabayarollcake

Masjid Al Akbar merupakan masjid kedua terbesar di Indonesia setelah Istiqlal yang mampu menampung hingga 59 ribu jamaah.

Masjid ini dibangun pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada 10 November, 2000.

Tak hanya itu,

Masjid ini juga dibangun oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), beserta para ahli pakar kubah masjid yang telah berpengalaman dalam pembuatan kubah.

Desain kubah masjid ini sangat unik, seperti struktur daun, paduan antara warna biru tua dan hijau yang memberi kesan sejuk dan damai. 

Oleh karena itu,

Jangan lupa mampir ke masjid Al-Akbar untuk menunaikan ibadah di Surabaya Ya.

Masjid Agung Baiturrahim (Gorontalo)

masjid agung baiturrahim

Tak Banyak yang tahu kalau,

Masjid Agung Baiturrahim ternyata sudah didirikan sejak tahun 1728 M oleh raja Botutihe. 

Masjid Agung ini mengalami beberapa kali perombakan sampai saat ini.  Pada akhirnya, masjid ini diresmikan oleh Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie di Istana Merdeka,  13 Oktober 1999.

Dengan desain berwarna krem dan putih, masjid ini sangat nyaman bagi Anda  ingin beristirahat dan melaksanakan ibadah selama berwisata di Gorontalo dikarenakan lokasinya yang strategis.

Tidak Percaya?

Keadaan Gorontalo yang panas membuat Masjid Agung Baiturrahim sendiri menjadi spot saya untuk berteduh sekaligus menjalankan Shalat di awal waktu.

Jadi Jangan lupa untuk mampir ke Masjid Agung Baiturrahim untuk menunaikan ibadah kalian, bahkan bisa juga untuk mengambil foto sebagai kenangan.

Masjid Tuo Kayu Jao (Sumatera Barat)

masjid tuo kau jao

Sumber:  Kebudayaan.Kemdikbud.go.id

Walaupun bukan merupakan masjid Agung, masjid ini merupakan masjid terunik dimana gaya arsitektur bangunan ini khas menggunakan corak minangkabau.

Belum diketahui pasti kapan didirikannya masjid ini (dilihat dari sejumlah catatan, sekitar tahun 1599),  tetapi masjid ini merupakan masjid tertua di Indonesia yang ke-2.

Bagi para penggemar Masjid, Masjid Tuo Kayu Jao merupakan salah satu destinasi yang banyak ingin dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan keindahan & keunikan dari bangunan ini sendiri.

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?