kubah masjid

Bentuk Kubah Masjid – Umumnya, masjid di Indonesia menggunakan kubah sebagai atapnya. Bahkan, hal ini pun sudah menjadi budaya Islam di kalangan seluruh dunia. 

Kubah merupakan sebuah simbol penanda bangunan tersebut termasuk bangunan suci. Penggunaan kubah sendiri diawali oleh bangsa Romawi Kuno pada abad ke-2. Penggunaan kubah sendiri sudah dibuktikan sebagai atap terkuat yang pernah ada.

Kubah sendiri memiliki beragam bentuk. Di timur tengah, kebanyakan kubah berbentuk bulat raksasa seperti Taj Mahal. Di Indonesia sendiri, bentuk kubah masjid cukup beragam. Inilah Penjelasan bentuk kubah masjid.

Table of Contents

Bentuk Kubah Masjid di Indonesia

Kubah Setengah Bola

bentuk kubah masjid

Kubah setengah bola atau kubah bulat ini biasanya memiliki ukuran yang besar. Biasanya, penggunaan kubah setengah bola digunakan pada masjid yang memiliki luas bangunan yang cukup besar, sehingga kubah setengah bola pun dapat diterapkan pada masjid.

Penggunaan kubah setengah bola sendiri umumnya digunakan di bagian timur tengah, dimana kubah yang digunakan berukuran raksasa dengan bobot sangat berat, namun memiliki kekuatan yang luar biasa

Kubah Bulat Telur

kubah telur

Kubah berbentuk telur atau disebut juga kubah oval ini memang mirip sekali dengan telur raksasa. Tinggi dari kubah pun dibuat sesuai dengan perkiraan, kemudian rangka kubah pun dilengkungkan menyerupai bentuk telur. Kubah ini juga ditemukan pada berbagai bangunan tua.

Pembuatan kubah ini memiliki berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan dari masjid. Kubah berbentuk telur paling sering digunakan di berbagai masjid yang ada di Indonesia.

Kubah Bentuk Bawang

kubah masjid

Kubah bawang sendiri memiliki bentuk bulat yang memiliki lengkungan bagian atas dan bawah kubah, lengkungan tersebut sampai pada puncak kubah dan membentu seperti kerucut. 

Dikarenakan lengkungan tersebut, kubah ini disebut kubah bawang karena menyerupai bawang, rempah-rempah yang yang sering digunakan bumbu masak. Penggunaan kubah bawang juga biasanya diterapkan pada bangunan gereja.

Kubah Cawan

jual kubah masjid

Kubah Cawan merupakan kubah yang berbentuk seperti mangkok terbalik. Kubah ini berbentuk seperti parabola, tidak bulat, lebih cocok dikatakan jika bentuknya oval.

Perbedaanya dengan kubah telur adalah dapat dibedakan dari diameter dan tinggi kubah. Kubah telur lebih tinggi dari kubah cawan jika memiliki diameter yang sama.

Pemilihan Bentuk Kubah Masjid Yang Sesuai

Dalam Menggunakan Kubah sebagai atap masjid, perlu diketahui ukuran yang ingin dibuatkan, jenis kubah, serta bentuk seperti apa yang diinginkan. 

Namun, semua hal tersebut perlu dipertimbangkan juga dari berbagai sisi. Salah satunya adalah faktor lingkungan.

Lingkungan di pegunungan akan berbeda jenis kubah yang digunakan dibandingkan dengan kubah yang ada di daerah pantai. Hal ini dikarenakan jenis serta bentuk kubah sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Konsultasikan saja pada Tim Pakar Kubah (Mas Sendi), kami tidak memungut biaya sedikit pun untuk membantu memberikan saran bagi Anda yang ingin membangun rumah Allah. Apalagi, kami juga menyediakan Survei Gratis, jadi langsung saja beritahukan kepada Kami.

Ada juga atap masjid yang menggunakan atapnya bukan berbentuk kubah, seperti Masjid Raya Sumatera Barat dengan ciri khas rumah gadang. 

Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor budaya masyarakat setempat. Salah satu upaya untuk diterimanya agama islam oleh masyarakat setempat adalah akulturasi budaya.

Sehingga, banyak juga bangunan masjid yang memiliki gaya arsitektur sesuai dengan gaya bangunan daerah setempat. 

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?