kubah masjid galvalum

Definisi Galvalum – Dalam konstruksi bangunan, pentingnya adanya perlindungan pada baja agar tidak mengalami oksidasi yang membuat baja menjadi berkarat.

Melakukan roof coating atau pelapisan atap merupakan salah satu teknik untuk mencegah terjadinya korosi. Baja Galvalum merupakan salah satu solusi untuk mengaplikasi teknik ini.

Apa itu Galvalum (Definisi Galvalum dan Kegunaannya)

Galvalum adalah bahan material yang terbuat dari baja dengan campuran dari zinc, alumunium, dan silikon. Bahan material ini berfungsi untuk melindungi material inti yang menjadi dasarnya.

Baja Galvalum digunakan untuk melindungi paduan material konstruksi dengan bahan dasar besi (atau baja) yang rentan terhadap karat. Baja berlapis galvalum lebih mampu menahan oksidasi daripada baja karbon biasa. 

Baja Galvalum sendiri sering disamakan dengan Baja Galvanis, namun sebenarnya kedua bahan konstruksi material ini berbeda.

Apa Perbedaan Galvalum dan Galvanis ?

Perbedaan utama dari kedua baja ini adalah galvalum merupakan campuran antara alumunium, zinc, dan silikon, sedangkan galvanis terbuat dari zinc seutuhnya.

Galvalum sendiri dibuktikan dapat menahan karat lebih kuat ketimbang galvanis, walaupun keduanya dibuat untuk tahan dari karat.

Dalam penerapan pada kubah masjid, Baja Galvanis digunakan sebagai rangka kubah, sesuai dengan desain dari kubah itu sendiri, sedangkan baja galvalum digunakan sebagai lapisan selimut atau pelindung dari rangka kubah.

Banyak juga Kelebihan dari galvalum ketika diterapkan pada kubah masjid, seperti tahan terhadap panas, memiliki varian warna, dan tahan lama. 

itulah definisi galvalum dalam penerapannya pada kubah masjid.

Selain itu perlu diketahui kelebihan dan kekurangan masing-masing dari jenis kubah masjid yang ada jika ingin membuat kubah.

Baca Juga Motif Kubah Masjid yang digunakan di Masjid Indonesia

Kapan Tidak Menggunakan Kubah Galvalum ?

Kubah Galvalum sendiri cocok  di berbagai lingkungan tropis, sehingga penggunaan kubah ini dapat diaplikasikan di berbagai daerah.

Namun, di lingkungan dengan PH yang tinggi (biasanya di daerah dekat danau), Kubah Galvalum sendiri dapat mengalami karat lebih cepat dari yang biasanya.

Oleh karena itu, perlu adanya survei lokasi, bagaimana kubah dibuatkan, serta struktur masjid yang menjadi pondasi kubah.

Pakar kubah dapat melakukan survei gratis kepada Anda di berbagai wilayah Indonesia. Kubah yang dibuatkan bergaransi 15 tahun, kontak saja langsung untuk konsultasi mengenai kubah atau pembangunan mushola / masjid.

Summary
Article Name
Apa itu Baja Galvalum dan Kenapa Menggunakan Kubah Masjid Galvalum
Description
Galvalum adalah sebuah baja ringan pelapis atap (atau rangka) yang terbuat dari zinc, alumunium, dan seng. Proses pelapisan dengan baja galvalum membuat atap menjadi lebih tahan karat.

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?