cami, religion, islam

Kubah sendiri sudah identik dengan bangunan masjid. Berikut penjelasan mengenai jenis kubah masjid yang sering digunakan.

Jenis Kubah Masjid – Kubah adalah  jenis atap yang digunakan sering digunakan pada bangunan suci, seperti masjid, gereja, atau museum.

Hal ini memiliki kaitan dengan halnya sejarah penggunaan kubah masjid, bahwa di era jaman Romawi abad ke-2, munculnya trend menggunakan kubah dikarenakan kemegahan serta kelebihan kekuatannya ketimbang atap biasa.

Secara umum, kubah memiliki fungsi sebagai atap bangunan, dengan kelebihan:

  • Memberikan pencahayaan interior bangunan
  • Menahan panas terik matahari
  • Memperkokoh bangunan 
  • Mempermudah pencarian bangunan
Di Indonesia, kubah dikelompokkan berdasarkan jenis bahan dasarnya. Hal ini tentu berbeda dengan negara lain, yang membahas mengenai ciri khas gaya arsitekturnya.
 
Berikut merupakan penjelasan jenis kubah masjid yang sering digunakan di Indonesia.

Table of Contents

Jenis Kubah Masjid Di Indonesia

Kubah Masjid Beton

masjid istiqlal

Kubah Beton, dilihat dari namanya, tentu sudah terjawab bahwa kubah ini menggunakan Beton sebagai bahan dasarnya. Beton adalah campuran dari pasir, semen, dan air.

Dalam penggunaannya sebagai bahan bangunan, Beton sudah digunakan sejak jaman nenek moyang kita. Hal ini jelas sudah terbukti kekuatannya mengalahkan atap dengan bahan bangunan lainnya.

Namun, dalam penggunaan kubah beton, terdapat beberapa kelemahan yang perlu diketahui oleh Anda.

Kubah yang terbuat dari semen dan pasir ini, termasuk golongan kubah yang paling berat. ada juga kubah beton yang beratnya mencapai hingga 10 ton atau bahkan sampai 100 ton.

Pondasi masjid yang lemah dapat membuat resiko retak pada bangunan, bahkan sampai membuat keruntuhan masjid. Hal ini justru dapat membahayakan warga sekitarnya.

Selain itu kelemahan lainnya adalah permasalahan kebocoran. Kubah dengan bahan dasar beton lebih sulit ditambal ketimbang kubah lainnya. oleh karena itu, konsultasikan kubah pada ahlinya.

Penting dilakukan survei lokasi terlebih dahulu mengenai kubah masjid yang ingin digunakan, apalagi jika ingin menggunakan kubah Beton.

Sekarang, sudah ada alternatif lain dalam menggunakan kubah beton, yaitu Kubah Masjid GRC.

Baca Juga Kelebihan Kubah Galvalum Dari Pakar Kubah Masjid

Kubah Masjid GRC

Kubah Masjid GRC (Glassfiber Reinforced Concrete), sejenis kubah dengan bahan bangunan GRC, campuran antara serat kaca dan semen. Kubah GRC dapat menampilkan nuansa kemegahan dan keindahan yang lebih ketimbang Kubah Beton.

Kubah ini termasuk lebih ringan daripada Kubah Beton, sehingga banyak masyarakat yang menggunakan kubah Masjid GRC sebagai alternatif atap masjid yang ingin dibangunnya.

Akan tetapi, perlu diingat satu hal. Bahan bangunan semen tetaplah tergolong jenis bahan yang berat, apalagi digunakan sebagai atapnya. oleh karena itu, pondasi yang lemah juga dapat membahayakan keselamatan warga pengguna masjid.

Nah,

Dikarenakan kekurangan tersebut, di abad ke-20, banyak masjid yang menggunakan bahan dasar dari baja sebagai atapnya. Selengkapnya simak penjelasan berikutnya.

Baca Juga Produsen Kubah Galvalum Dari Pakar Kubah Masjid

Kubah Masjid Galvalum

jual kubah masjid

Sebagai orang yang biasa dengan bahan bangunan, Anda pasti kenal dengan baja galvalum. Baja ini merupakan campuran dari Zincalume, Alumunium, dan Silikon. Kubah Galvalum sendiri biasanya menggunakan rangka Galvanis.

Bahan baja yang digunakan pada kubah ini, membuat kubah lebih ringan daripada kubah yang menggunakan semen, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai permasalahan pondasi masjid yang tidak terlalu kuat.

Walaupun kubah ini menggunakan baja, Kubah Galvalum masih tergolong kuat, menghadapi cuaca ekstrim, maupun apabila terjadi badai angin. 

Apalagi, dikarenakan pilihan warnanya yang cantik, Kubah Galvalum sendiri banyak digunakan bagi para DKM untuk membuatkan masjid atau musholla di tempatnya. Harga kubah ini juga tergolong terjangkau dibandingkan kubah lainnya.

Selengkapnya mengenai spesifikasi kubah masjid dan penjelasan harga kubah masjid, bisa langsung kontak kami (Mas Sendy).

Baca Juga Jual Kubah Masjid Terdekat Dari Pakar Kubah Masjid

Kubah Masjid Stainless Steel

jual kubah masjid

Kubah stainless Steel termasuk kubah yang paling populer di Indonesia. Kubah ini terbuat dari baja yang terdiri dengan bahan kromium dan besi. Apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan, pasti sering melihat masjid yang menggunakan Kubah Stainless Steel.

Dengan desain minimalis, kubah ini kuat terhadap bencana dan memiliki bahan yang ringan, walaupun masih dibawah kekuatannya dibanding GRC. 

Kubah Stainless Steel sangat cocok dengan Anda yang suka sesuatu yang simpel dan desain minimalis. Apalagi, harga kubah ini tergolong terjangkau, ketimbang dengan kubah dengan bahan dasar semen atau kubah Enamel, yang akan saya bahas berikutnya.

Pakar Kubah Masjid menyediakan juga kubah masjid stainless steel berukuran kecil, silahkan kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Kubah Masjid Enamel

Kubah Enamel, merupakan kubah yang diselimuti baja Enamel. Enamel digunakan untuk melapisi logam dan dasar permukaan plat yang telah dilapisi oleh porselin. 

Hal ini dikarenakan agar terhindar dari karat, serta tahan terhadap cuaca, baik panas maupu hujan besar. Kubah ini tergolong jenis kubah dengan bahan yang kuat.

Apalagi, tampilannya yang cantik, membuat kubah ini banyak diminati oleh warga yang ingin membuat masjid.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan kubah lainnya (seperti Kubah Galvalum atau Kubah Stainless Steel), kubah ini bisa berharga 4 kali lipat lebih mahal.

Kebanyakan kubah masjid memiliki modal berdasarkan hasil dari infaq dan sedekah masyarakat setempat. Sehingga pilihlah jenis kubah sesuai dengan kebutuhan setempat, 

Atap Masjid Yang Tidak Menggunakan Kubah

Islam di Indonesia (Nusantara) sudah ada dari dulu kala, bahkan ada juga yang mengatakan kalau sahabat Rasulullah sudah melakukan ekspedisi dan dakwah ke daerah Nusantara.

Di era abad ke-15, masyarakat Nusantara sebagian besar berada di atas kendali kerajaan Majapahit. Mayoritas agama masyarakat pun beragama Hindu.

Sehingga, dalam penyebaran Islam di Nusantara, strategi dakwah pun dijalankan agar dapat diterima oleh masyarakat sekitar. 

Masjid yang dibangun pun mengikuti adat daerah setempat, seperti masjid bergaya kerajaan majapahit yaitu Masjid Agung Demak atau arsitektur campuran Islam dan Banjar, Masjid Sultan Suriansyah

Tidak ada hukumnya mengenai bagaimana seharusnya bentuk sebuah masjid. Justru, hal yang diutamakan adalah agar masyarakat dapat membedakan antara bangunan biasa dengan masjid.

Oleh karena itu, keutamaan dalam membangun masjid dilihat dari fungsinya, apakah masjid ramai digunakan untuk ibadah maupun kegiatan Islam lainnya di dalamnya atau hanya terbiarkan kosong.

itulah penjelasan jenis-jenis kubah di Indonesia, Jangan Lupa ramaikan Masjid di Sekitar Anda ya bagi yang beragama Islam.

Macam-macam Kubah Masjid, Layanan dan Kualitas Terbaik dari Pakar Kubah Masjid

Pakar Kubah Masjid - Kontraktor Kubah Masjid di Indonesia

Pakar Kubah Masjid merupakan website resmi dari CV Tamita Jaya. Kami jual kubah masjid dengan harga terjangkau, di berbagai wilayah Indonesia.

Kami telah berpengalaman lebih dari 20 tahun, sehingga Anda tidak perlu khawatir, hasil pekerjaan kubah yang kami kerjakan sudah jelas berkualitas.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan mengenai harga kubah maupun konsultasi kubah, silahkan langsung hubungi kami, Konsultasi GRATIS Survei Lokasi GRATIS

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?