kubah mas depok

Gambar Masjid Kubah Mas Depok (Wikimedia)

Kubah Mas Depok – Masjid Dian Al-Mahri merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia bahkan sampai se-Asia Tenggara dikarenakan kubahnya terbuat dari emas asli.

Dikarenakan tampilannya yang banyak mengundang perhatian, masjid ini menjadi salah satu tempat wisata reliji favorit bagi orang-orang maupun keluarga, atau juga untuk keperluan istirahat.

Masjid Dian Al-Mahri mulai didirikan sejak tahun 2001 dan selesai sekitar tahun 2006. Masjid ini dibangun oleh sepasang suami dan Istri, yaitu Maimun Al-Rasyid dan Dian Al-Mahri.

Tak sekedar hanya omongan kata, Masjid Kubah Mas terdiri 5 kubah utama dan 4 kubah kecil. Kubah masjid ini dilapisi lapisan emas setebal 2-3 milimeter. 

Inilah penjelasan mengenai sejarah Masjid Kubah Mas, arsitektur bangunan, serta wisata reliji favorit di sekitar Anda. 

Sejarah Masjid Kubah Mas Depok

Masjid Kubah Mas Depok mulai didirikan sejak tahun 2001 oleh seorang pengusaha asal Banten, Hj. Maimun Al Rasyid beserta Istrinya.

Sebenarnya, Tanah masjid ini sudah dibeli sejak tahun 1996, namun cita-cita dari kedua orang ini baru terlaksana pada tahun 2001. 

Awalnya, kedua sepasang suami-istri ini memang sudah giat melakukan dakwah. Di tahun 1995, ia mendirikan majelis taklim dengan anggota sekitar 25 orang.

Keduanya bercita-cita untuk membangun masjid yang lebih megah dari tempat yang dihuninya.

Pada akhir pembangunan, masjid ini dibuka pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha pada saat itu. Penggunaan pertama masjid ini digunakan untuk shalat  Id tahun 1427 H.

Masjid Kubah Mas Depok memiliki  luas kawasan sekitar 50 hektar dan luas bangunan sekitar 8000 meter persegi. Kurang lebih, masjid ini dapat menampung hingga 20.000 jamaah. Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata reliji favorit yang ada di Indonesia.

Baca Juga Masjid Raya Sumatera Barat Wisata Religi Kebanggan Padang

Arsitektur Kemegahan Masjid Kubah Mas

Dome Of Rock merupakan salah satu masjid terkenal yang ada di Jerusalem, Palestina dikarenakan kubahnya yang terbuat dari emas. Kini di Indonesia, terdapat masjid dengan kubah yang terbuat dari emas.

Masjid Dian Al-Mahri ini memiliki kubah yang terbuat dari emas dengan gaya arsitektur kubah menggunakan gaya Mughal, yaitu kubah yang sangat besar pada atap masjid.

Gaya arsitektur ini sering digunakan pada masjid di timur tengah, salah satunya yaitu Taj Mahal. Di Indonesia, Gaya Mughal juga diterapkan pada salah satu masjid terkenal di Aceh, Masjid Raya Baiturrahman.

Bahkan, logam emas yang ada, tidak hanya terdapat di kubah masjid, tetapi terdapat juga di ornamen masjid, mimbar, serta kaligrafi yang ada di plafon masjid.

Di area masjid, terdapat enam menara yang melambangkan rukun Iman. Disetiap atap menara masjid, terdapat kubah yang dilapisi emas

Sampai saat ini, Masjid Kubah Mas masih menjadi salah satu wisata reliji favorit yang ada di Indonesia. Selain untuk beribadah, Anda juga dapat melakukan aktivitas lainnya yang diselenggarakan oleh masjid.

Selain itu, masjid ini juga dapat menjadi spot untuk menyimpan foto Anda maupun keluarga dikarenakan kemegahan masjid sudah diakui se-Asia Tenggara.

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?