Makna Bulan Bintang Pada Masjid: Kenapa Digunakan Pada Kubah?

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
jual kubah masjid

Makna Bulan Sabit dan Bintang : Keduanya merupakan hal yang dianggap identik dengan Islam, sama seperti salib terhadap umat Nasrani.

Lantas, apa makna dari bulan sabit dan bintang ? Kenapa digunakan pada kebanyakan masjid?

Nah,

Bulan sabit bintang merupakan sebuah simbol kemuliaan Islam dimana kedua benda antariksa sering digunakan pada kubah masjid

Bahkan simbol ini juga digunakan pada bendera negara yang mayoritas warganya beragama Islam.

Oleh karena itu, simak penjelasan saya berikut ini mengenai makna bulan bintang pada masjid, tempat beribadah umat Islam.

Baca Juga Masjid Seribu Kubah : Kemegahan Masjid 99 Kubah di Makassar

Makna Bulan Bintang Pada Islam

Makna bulan bintang sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala oleh bangsa Asia Tengah dan Timur Tengah. Hal ini digunakan untuk menyembah matahari, bulan, dan langit.

Umat muslim pertama kali menerapkan bulan bintang ketika zaman Turki Utsmani. Setelah penaklukkan Konstatinopel oleh Sultan Mehmed II, umat muslim pun menjadi salah satu peradaban termaju dan terbesar di dunia.

Hal ini dimaknakan sebagai simbol kemuliaan Islam. Kekhalifahan Turki Usmani pun mengambil konsep dan menerapkannya, yaitu bulan sabit yang di dalamnya terdapat bintang.

Salah satu ujung sabit mengarah kepada benua Asia dan di posisi yang berlawanan mengarah ke benua Afrika, dan di tengah bulan, ditafsirkan sebagai benua Eropa.

Di dalam Bulan sabit ini terdapat sebuah bintang yang menandakan pusat Islam, Kota Istanbul.

Selain itu, bulan dan bintang merupakan bendera dari Kekhilafahan Turki Utsmani oleh Sultan Mehmed II dan diresmikannya sebagai bendera umat Islam.

Perlu diketahui bahwa makna atau simbol bulan bintang tidak disebutkan dalam Al-Qur’an maupun ajaran Rasulullah SAW.

Baca Juga Masjid Ramlie Musofa : Kemegahan masjid di Jakarta Seperti Taj Mahal

Kepercayaan Umat Islam terhadap Bulan dan Bintang

muslim, praying, silhouette

Walaupun bukan ajaran Al-Qur’an dan Rasulullah, makna bulan dan bintang sebagai simbol kemuliaan islam tetap dipegang sampai saat ini.

Hal ini dikarenakan kedua benda angkasa ini merupakan salah satu ciptaan Allah SWT sekaligus menunjukkan kebesarannya. 

Sebagaimana pada surah Yunus Ayat 5 yang artinya:

“Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kamu mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.”

Dari ayat ini menjelaskan bagaimana Allah menunjukkan tanda kebesarannya dengan membuat matahari, bulan, dan bintang untuk perhitungan waktu umat manusia.

Selain itu, terjadi juga pada surat Al Baqarah ayat 189 yang artinya:

“Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang bulan sabit. Katakanlah, “Itu adalah (penunjuk) waktu bagi manusia dan (ibadah) haji.” Dan bukanlah suatu kebajikan memasuki rumah dari atasnya, tetapi kebajikan adalah (kebajikan) orang yang bertakwa. Masukilah rumah-rumah dari pintu-pintunya, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.”

Itulah makna bulan bintang pada masjid yang sering digunakan pada kubahnya. Silahkan komentari jika ada yang ingin dikritisi atau ditambahkan.

Baca Juga Logo Kubah Masjid Gratis dari Pakar Kubah

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?