masjid namira lamongan
Masjid Namira lamongan (sumber : Sistem Informasi Masjid)

Masjid Namira Lamongan – Sebuah masjid yang berada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini, telah menarik berbagai wisatawan untuk mengunjunginya.

Masjid ini terinspirasi dari Masjid Namirah yang ada di Arab Saudi, diantara tanah Haram dan Arafah. Hal ini dikarenakan panitia pembangunan masjid, serta warga sekitarnya yang ingin mengunjungi tanah Haram untuk menunaikan Haji.

Dengan fasilitas yang menarik, serta suasana seperti di tanah Haram, masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah. 

Inilah penjelasan terhadap Masjid yang pernah Viral di Media Sosial, mulai dari sejarah pembangunan, fasilitas, serta wisata reliji populer di Lamongan.

Baca Juga Kubah Mas Depok : Masjid Dian Al-Mahri Termegah Se-Asia Tenggara

Sejarah Pembangunan Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira Lamongan didirikan oleh sepasang suami istri warga setempat, Helmi Riza dan Eny Yuli Arifah. Masjid ini diresmikan pada tanggal 1 Juni 2013 dan dibuka untuk umum. 

Awalnya, ukurannya tidak terlalu besar, dengan luas bangunan 1.100 meter, masjid ini dapat menampung 500 Jamaah di dalamnya.

Hari demi hari, dengan tampilannya yang unik, semakin banyak pengunjung yang mampir untuk beribadah didalamnya.

Lama kelamaan, masjid ini menjadi ramai setiap harinya. Bahkan, banyak jamaah yang tidak mendapatkan tempat parkir di dalamnya.

Oleh karena itu, Masjid ini direnovasi agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada tanggal 2 Oktober tahun 2016, Renovasi Masjid Namira Lamongan selesai dengan luas bangunan mencapai 2.750 meter, serta dapat menampung 2.500 jamaah.

Uniknya, dengan nuansa seperti gaya arsitektur masjid di Mekkah, serta fasilitasnya yang indah, masjid ini sempat viral di media sosial. 

Kiswah Kabah Langsung dari Arab Saudi

Kiswah Ka’bah dari Masjid Namira Lamongan sendiri didatangkan langsung dari masjidil haram yang ada di Arab Saudi.

Kiswah atau bekas pelindung Ka’bah ini ditempel di dinding mihrab imam dan dilindungi  kaca tebal agar tidak sembarang disentuh. 

Kiswah ini merupakan salah satu tujuan utama bagi para pengunjung yang ingin melakukan ibadah di dalamnya.

Hal ini dikarenakan tampilannya yang menunjukkan bagaimana suasana masjid di Mekkah, seperti yang diperbincangkan di media sosial.

Masjid dengan nuansa seperti Masjidil Haram ini memiliki berbagai fasilitas yang mirip dengan masjid yang ada di Arab Saudi.

Banyak warga yang berkunjung ke masjid ini dengan tujuan untuk melepas kerinduannya sewaktu berkunjung ke Masjidil Haram.

Baca Juga Masjid Raya Sumatera Barat Wisata Religi Kebanggaan Padang

Wisata Reliji Populer di Jawa Timur

Masjid Namira Lamongan terletak di Jl. Raya Lamongan – Mantup, Jotosanur, Tikung, Jotosanur, Sanur, Jotosanur, Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62281

Lokasi masjid ini strategis dikarenakan berada di jalan raya di daerah Lamongan. Warga sekitar pun sudah banyak yang tahu lokasi Masjid Namira, sehingga Anda tidak perlu malu untuk bertanya-tanya.

Selain beribadah, Anda juga dapat menikmati bagaimana replika suasana Masjidil Haram yang ada di Lamongan.

Banyak orang yang sengaja datang dikarenakan mereka kangen dan rindu dengan rumah Allah yang berada di tanah Haram. 

Oleh karena itu, sampai saat ini, Masjid Namira yang ada di Lamongan masih banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai wilayah.

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?