Masjid Raya Sumbar

Gambar Masjid Raya Sumatera Barat (Sumber : Rahmat Irfan – Wikimedia)

Masjid Raya Sumatera Barat – Masjid terbesar Sumatera Barat dengan daya tampung sekitar 20.000 jamaah. 

Masjid dengan nuansa rumah adat Minangkabau ini merupakan kebanggaan Indonesia, salah satu tempat wisata reliji terbaik.

Wisata religi yang dikenal juga dengan nama Masjid Mahligal Minang  ini terletak di Jl. Khatib Sulaiman, Kec Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Uniknya, Masjid ini tidak memiliki kubah sebagai atapnya seperti masjid di Indonesia pada umumnya. 

Hal ini dikarenakan atap bangunan dibangun dengan gaya khas Minangkabau, desain rumah Gadang dengan 4 sudut lancip, serta bangunan berbentuk Gonjong.

Bahkan, pembangunan masjid ini mencapai ±Rp.325–330 miliar dengan proses selama lebih dari 10 tahun.  

Terus Membaca

Daftar Isi

Pembangunan_Masjid_Raya_Sumbar_Des_201711_wikimedia

Sumber : wikimedia

Pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat Dengan Arsitektur Khas Minangkabau

Usulan pembangunan masjid megah dengan daya tampung yang banyak sudah dilakukan sejak tahun 2005. Namun, pembangunan masjid seperti itu akan memakan banyak biaya, menurut  Zainal Bakar, Gubernur Sumatera Barat saat itu.

Pada tahun 2006, sempat terjadi pertemuan penting antara kedua kepala negara Presiden SBY dengan perdana menteri Malaysia, Ahmad Badawi.

Panitia sendiri tidak menemukan masjid yang cocok untuk dilakukan rapat oleh kedua pemimpin negara ini, hingga akhirnya digunakanlah Masjid Agung Tangah Sawah, di Bukittingi.

Dari peristiwa ini, pemerintah memutuskan untuk merealisasikan pembangunan dengan mematangkan rencana pembangunan masjid. Pembangunan dilaksanakan berdekatan dengan kantor Gubernur.

Dikutip dari situs Informasi Masjid kementerian Agamadiselenggarakan sebuah sayembara arsitektur masjid pada tahun 2007. Sayembara yang diikuti sebanyak 323 arsitek dari berbagai negara akhirnya dimenangkan oleh Rizal Muslimin.

Arsitektur masjid ini mengikuti tipologi arsitektur Minangkabau, mulai dari bangunan berbentuk Gonjong, sampai ukiran kaligrafi Minang pada dinding bagian luar. 

Selain itu, 

Ada yang mengatakan kalau atap masjid mirip seperti kain yang digunakan untuk mengusung Hajar Aswad. Peristiwa dimana batu Hajar Aswad dipindahkan menggunakan kain dan diangkat oleh empat kabilah suku Quraisy di setiap sudutnya.

Masjid_Raya_Sumbar_dari_menara (wikipedia)

Sumber : Rahmat Irfan – wikimedia

Keunikan Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya yang berada di Padang ini, selain menggunakan gaya arsitektur Banjar, ternyata memiliki berbagai keunikan dan kelebihan pada bangunan masjid. sama halnya dengan Masjid Agung Demak yang menggunakan gaya arsitektur kerajaan Majapahit. 

Masjid Tahan Gempa Hingga 10 Amplitudo

Dibangun dengan teknik pembangunan dengan keterampilan yang tinggi, masjid ini mampu menahan gempa hingga 10 amplitudo. Hal ini bertujuan agar dapat menjadi tempat shelter apabila terjadi gempa maupun tsunami.

Masjid tanpa Kubah

Berbeda dengan yang lainnya, masjid ini menggunakan desain segi empat dengan empat sudut lancip, seperti rumah Gadang.

Ikon Padang, Tempat Wisata Reliji Populer di Indonesia

Dengan gaya aristektur khas Minangkabau, masjid dengan tiga lantai ini merupakan salah satu wisata reliji terpopuler di Indonesia. Bagian dinding masjid dipenuhi kaligrafi dan ukiran Minang. 

Selain itu, terdapat menara di bagian halaman seperti Masjid Nabawi. Karena Keindahannya, para wisatawan banyak mengabadikan foto mereka di depan masjid Agung Sumbar. 

Wisata Religi Masjid Raya Sumatera Barat : Kental Dengan Nuansa Minang

Filosofi arsitektur Masjid Raya Sumbar ini membuat masyarakat penasaran untuk dapat melakukan kegiatan ibadah di dalam masjid ini. 

Desain Interior & Eksterior yang sangat berbeda dengan masjid lainnya, membuat masjid ini tampil mempesona dengan kemegahannya sebagai tempat ibadah. 

Setelah Anda melakukan wisata di Kota Padang, selain menyantap berbagai khas makanan daerah di sekitar kota, jangan lupa untuk memakmurkan masjid di sekitar Anda. 

Apalagi masjid Raya Sumbar ini merupakan Ikon wisata religi Padang, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk memasukkan wisata ke masjid Sumbar di dalam jadwal kegiatan liburan Anda.

Bila ada kritik, saran, maupun tambahan untuk artikel ini, Anda bisa langsung mengomentarinya di bagian paling bawah.

Tentang Pakar Kubah Masjid - Jasa Pembuatan Kubah di Sumatera Barat

Kubah masjid stainless
Kubah Masjid
Makara Masjid
Ornamen kubah

Pakar Kubah Masjid merupakan website resmi CV Tamita Jaya, bengkel kubah di berbagai wilayah Indonesia. Pengalaman dalam pembuatan kubah kami pun sudah lebih dari 20 tahun.

Kami menyediakan jasa pembuatan kubah masjid galvalum dan kubah masjid stainless steel.


Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?