plafon kubah masjid

Motif Kubah Masjid – Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim. Tentunya, dalam pembangunan masjid, perlu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, sebaiknya pembangunan masjid tidak asal-asalan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pembangunan masjid adalah pemilihan atap yang ingin dipakai. 

Di berbagai daerah, banyak juga masjid yang menggunakan atap khas rumah adat setempat, seperti Masjid Raya Sumatera Barat dengan gaya khas rumah Gadang. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga budaya setempat, serta diterimanya Islam oleh masyarakat sekitar.

Akan tetapi, masjid di Indonesia kebanyakan menggunakan kubah sebagai atapnya. Hal ini disebabkan kubah sudah identik dengan masjid. Tanpa adanya kubah, bangunan pun dapat sulit dikenali oleh para musafir yang hendak mencari masjid.

Selain itu, kubah juga memiliki beragam manfaat yang perlu Anda ketahui. Setiap jenis kubah masjid memiliki kelebihan & kekurangan masing-masing, sehingga Anda perlu ketahui pilihan jenis yang sesuai untuk masjid yang akan dibangun di daerah Anda.

Bentuk kubah masjid juga memiliki berbagai macam motif yang bisa Anda pilih sesuai keinginan Anda. Namun, setiap daerah, tentu memiliki ciri khas masing-masing. 

Berikut adalah alasan pemilihan motif kubah dari yang pernah menggunakan jasa pembuatan kubah masjid di Pakar Kubah Masjid.

Alasan Pemilihan Motif Kubah Masjid

kubah masjid pangandaran

Faktor Tradisi & Budaya di Sekitar Wilayah Masjid

Budaya & tradisi merupakan salah satu hal yang menjadi alasan utama pemilihan motif kubah.

Hal ini merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap budaya setempat agar masyarakat dapat menerima masjid yang dibangun. 

Selain itu, akulturasi terhadap budaya lokal dapat dijadikan sebagai strategi dakwah umat muslim.

Di daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, maupun daerah Bali, terdapat beberapa budaya setempat yang  diaplikasikan pada setiap plafon kubah.

Tradisi juga merupakan salah satu hal utama bagi warga yang ingin membangun masjid di sekitarnya. 

Di daerah Jawa misalkan, banyak yang berminat motif kaligrafi, sedangkan di daerah perkotaan seperti daerah Jabodetabek, kebanyakan menggunakan desain minimalis, seperti motif garis-garis.

Faktor Lingkungan Sekitar dari Masjid Yang Akan Dibangun

Lingkungan sekitar juga dapat memberikan kontribusi pemilihan motif dari kubah masjid yang ingin dibangun.

Jika Masjid berada di sekitar Pantai, kebanyakan menggunakan motif awan atau motif corak kebiru-biruan pada kubahnya. 

Beberapa masjid yang dibangun di sekitar pegunungan maupun persawahan, banyak yang mengambil warna hijau sebagai tampilan utamanya untuk menunjukkan kesuburan.

Hal tersebut merupakan hasil dari pengerjaan kubah yang telah dikerjakan. Namun, hal ini bukan merupakan sesuatu yang mutlak.

Anda bebas menggunakan motif yang ingin ditampilkan pada kubah, karena segala pilihan motif, kembali ke selera masing-masing dari DKM atau panitia yang ingin membangun masjid di sekitarnya.

Berikut adalah jenis-jenis motif yang biasanya digunakan di Indonesia.

Setiap motif yang disebutkan, dapat dibuat oleh Pakar Kubah Masjid. Kami telah membuat kubah lebih dari 20 tahun, sehingga kubah yang dihasilkan, tentunya berkualitas.

Sebaiknya, sebelum melakukan pemilihan, konsultasikan terlebih dahulu terhadap kami. Apalagi, kami juga memberikan layanan survei gratis bagi Anda yang ingin membangun masjid.

Layanan Pakar Kubah

Alangkah lebih baik, sebelum membuat kubah masjid, agar dikonsultasikan terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar pengerjaan kubah hasil dari kesepakatan kedua pihak. Tentunya, kami memprioritaskan kualitas dalam pelayanan serta menjaga shalat 5 waktu. 

Hubungi kami jika ingin menanyakan hal-hal berkaitan dengan kubah masjid atau cek ke halaman utama kami.

Summary

Leave a Reply

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Assalamualaikum Wr Wb.

Ada yang bisa dibantu?